Cara Check In Di Bandara Sebelum Naik Pesawat

Cara Check In Di Bandara Sebelum Naik Pesawat - Bagi seseorang yang sering bepergian jauh, pesawat merupakan alat transportasi yang menjadi pilihan utama. Selain nyaman, memakai pesawat juga akan mempersingkat waktu perjalanan. Bagi yang telah berpengalaman bepergian memakai pesawat, tentunya segala sesuatunya menjadi hal yang biasa ibarat membeli tiket hingga keberangkatan. Namun bagi yang gres pertama kali akan memakai pesawat, tentunya banyak hal yang masih membingungkan, salah satunya yakni dikala check in di bandara.

Untuk melakukan check in di bandara sebenarnya Anda tidak perlu merasa resah alasannya yakni banyak petugas bandara yang akan membantu Anda. Sebagai bekal pengetahuan Anda, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan dikala check in di bandara sebelum naik pesawat :

Datang lebih awal ke bandara
Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan ibarat terlambat check in, sebaiknya Anda berada di bandara 2 jam lebih awal dari keberangkatan.

Siapkan e-tiket dan kartu identitas
Setelah Anda berada dibandara, siapkan e-tiket dan kartu identitas (KTP, SIM, Paspor) di tangan  atau didalam tas jinjing Anda, kemudian silahkan memasuki pintu keberangkatan. Tunjukan e-tiket Anda ke petugas check ini yang berada di pintu masuk, selanjutnya silahkan masuk. Setelah memasuki pintu keberangkatan, maka akan dilakukan investigasi barang bawaan Anda melalui mesin scan. termasuk juga handphone, dompet dan tas Anda. Sebaiknya masukan barang-barang berlogam kedalam tas Anda ibarat jam tangan atau ikat pinggang.

Melakukan check in di konter maskapai penerbangan
Setelah selesaikan dilakukan investigasi barang, selanjut Anda menuju ke konter maskapai penerbangan yang Anda gunakan untuk melaksanakan check in. Tunjukan kartu identitas dan tiket Anda ke petugas konter. Untuk barang yang Anda bawa ibarat koper akan dilakukan penimbangan kemudian diberi label khusus dan nomor koper yang masuk ke bagasi. Simpan baik-baik bukti nomor koper Anda, jangan hingga hilang. Sebaiknya Anda memisahkan barang-barang berharga Anda ke dalam tas kecil yang sanggup dibawa ke kabin. Setelah check, Anda akan mendapatkan bording pass (tiket masuk ke dalam pesawat).

Menuju bording room (ruang tunggu)
Pada bording pass telah tertera jam keberangkatan, nomor dingklik dan gerbang (Gate) keberangkatan pesawat Anda. Silahkan masuk ke bording room sesuai dengan yang tertera pada bording pass Anda. Saat ingin memasuki bording room akan dilakukan investigasi bording pass, tunjukan kartu identitas dan bording pass Anda. Selanjutnya Anda sanggup menunggu pesawat di bording room dan menunggu pemberitahuan dari petugas untuk memasuki pesawat Anda.

Memasuki pesawat Anda
Setelah petugas memberitahukan kepada para penumpang untuk memasuki pesawat, silahkan Anda memasuki pesawat Anda dengan mengambarkan bording pass dan kartu identias Anda ke petugas jaga. Simpan kembali bording pass Anda, jangan membuangnya alasannya yakni akan dipakai untuk mengambil koper Anda di bandara tujuan. Setelah memasuki pesawat, silahkan cari daerah duduk Anda sesuai dengan yang tertera di bording pass Anda. Letakan tas kecil Anda di bagasi kabin yang berada diatas dingklik Anda. Silahkan Anda duduk dan gunakan sabuk pengaman.

Setelah Anda hingga di bandara (kota tujuan Anda), silahkan Anda keluar dengan mengikuti petunjuk arah yang ada. Selanjutnya ambil koper atau tas yang Anda titipkan di bagasi pesawat, silahkan menuju ketempat pengambilan bagasi sesuai dengan nomor pesawat Anda dan tunjukan nomor bukti penitipan ke petugas jaga. Setelah mengambil koper, silahkan Anda keluar melalui pintu keluar yang ada. Petugas yang ada di pintu keluar akan mencocokan kertas bagasi yang ada di koper atau tas Anda dengan yang tertempel di bording pass Anda.

Itulah Cara Check In Di Bandara Sebelum Naik Pesawat yang sanggup Anda lakukan. Dengan mengetahuinya, setidaknya Anda telah memiliki sebuah gambaran. Semoga bermanfaat.